Skema Pembayaran Syariah Rumah Green Tabiin Residence

Sebelum mengetahui skema pembayaran syariah dalam pembelian rumah secara cash ataupun KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) kami akan membantu Anda untuk mengetahui cara ber Muamalah dalam Islam.

Pengertian Muamalah

Muamalah dikenal sebagai istilah lain dari transaksi sistem perekonomian dalam islam. Muamalah merupakan kegiatan tukar-menukal yang memberi manfaat tertentu atas barang atau sesuatu yang ditukarkan. Contoh kegiatan muamalah atau jual beli ini ada pertukaran uang dan barang, hutang-piutang, pinjam-meminjam, sampai perkara sewa-menyewa.

Ada beberapa peraturan dalam Muamalah

yang dijelaskan dalam Al-Quran

  1. Larangan Melakukan Muamalah dalam Unsur Riba

Terdapat dalam Quran Surat Al-Imran ayat 130 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan”

2.  Larangan Menggunakan Cara yang Bathil atau Salah

Tercantum dalam Quran Surat An Nisa ayat 29 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.”

3.  Dilarang Menggunakan Cara Yang Zalim

Seperti dalam Hadist Riwayat Muslim “Hadits yang dikutip dari Abu Hurairah radhiallahuanhu yang diambil dari sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam tersebut mengandung larangan agar sesama hamba Allah tidak saling mendengki, saling menipu, dan saling marah hingga memutuskan hubungan persaudaraan.Muslim satu dengan muslim lainnya adalah saudara sehingga tidak boleh ada perbuatan zalim atau aniaya di antara sesama muslim. Bahkan dengan tegas hadits tersebut melarang umat muslim untuk menghina dan mendustakan orang lain. Haram darah setiap muslim atas muslim yang lain”.

4. Larangan Memainkan Timbangan, Takaran, Kehalalan, dan Kualitas Barang / Jasa

Telah tercantum dalam Quran Surat Al Muthaffifin ayat 1-3

1. Celakalah bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang)!

2. (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan,

3. dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi.

 

5. Larangan Melakukan Transaksi Barang Haram

Sebagaimana dalam penjelasan dari Aisyah, ia berkata: “Ketika turun akhir surat al-Baqarah, Nabi membacakanya pada sahabat di masjid kemudian mengharamkan perdagangan khomer.” (Matan lain: Muslim 2985, Nasa’i 4586, Abi Daud 3086, Ahmad 23063) [1]

Ayat dan Hadist yang telah tercatat diatas ini merupakan petunjuk dan seruan kepada kaum muslim untuk menjalankan muamalah dengan baik dan benar agar kita semua selamat dan mendapatkan keberkahan dari transaksi jual belinya.

Maka dari itu rumah Green Tabiin Residence ini mengusung rumah dengan skema pembayaran syariah yang pastinya jauh dari akad Riba, terjamin kualitasnya, dan menjauhi hal-hal yang dilarang dalam Muamalah.

Pastikan Anda sebagai calon pembeli juga harus lebih teliti ketika akan melakukan transaksi rumah ataupun pembelian barang lain.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan sebagai metode pengingat kita untuk terus memperbaiki amalan salah satunya cara ber muamalah yang baik sesuai aturan syariah islam.